Kelebihan Cetak Offset dan Cetak Digital

shares

Dalam dunia percetakan pasti anda tidak asing lagi mendengar kata cetak digital dan cetak offset. Tapi bagi anda yang mulai belajar memahaminya, pasti tidak akan banyak mengerti tentang jenis percetakan diatas. Dan sangatlah perlu untuk anda ketahui bila ingin terjun kedalam bisnis percetakan.


Langsung saja kita kenalan dengan kedua jenis percetakan diatas, kita mulai dari cetak offset, menurut pengetahuan saya yang saya baca dari berbagai sumber, garis besarnya cetak offset adalah sebuah teknik cetak yang dapat menghasilkan lebih banyak dengan waktu singkat, teknik offset banyak digunakan untuk bisnis percetakan besar yang membutuhkan hasil cetak banyak dengan waktu singkat. Cara kerjanya yakni diperlukan plat cetak (alumunium plate) dan Film yang keduanya digunakan untuk transfer dokumen yang hendak di cetak.

Sedangkan cetak Digital tidak memerlukan Plat cetak alumunium dan Film sebagai bahan untuk mencetak, lebih efisien dari pada mesin offset yg harganya juga tergantung dari plat cetak dan film. Tapi juga memiliki kelebihan diantaranya hasil cetak warna tidak mudah pudar dan tahan lama dibandingkan dengan mengunakan mesin digital printing.

Kelebihan cetak offset lainnya adalah harga pencetakan dalam jumlah banyak jauh lebih murah, kebanyakan dapat mencetak dalam segala jenis kertas, tipis maupun tebal, serta dapat menggunakan tinta emas dan silver.

Dan untuk kelebihan cetak digital adalah hasil desain yang kita buat di komputer dapat langsung dicetak tanpa harus membuat plat alumunium dan film. Waktu untuk mencetak juga sangat singkat. Biaya produksi dalam jumlah sedikit jauh lebih murah ketimbang cetak offset. Percetakan menggunakan mesin digital printing ini lebih hemat dalam penggunaan tinta dan kertas.

Sedikit saran, untuk anda yang baru memulai atau ingin mengembangkan bisnis percetakan anda tapi memeliki budget sedikit, maka pilihan bisa jatuh ke mesin digital printing ini karena untuk hasil cetak tidak ada perbedaan yang signifikan antar cetak offset dan untuk cetak sedikit, mesin cetak digitalkan dalam jumlah bant memang lebih menguntungkan ketimbang offset, nah.. bila cetak dalam jumlah banyak maka mesin cetak offset sangat dibutuhkan. Nah..itulah sedikit ulasan tentang dunia percetakan offset dan cetak digital. Semoga bermanfaat.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment